HEADLINE

1200 KK PENERIMA BST TAHAP III MENGIKUTI PROTOKOLER KESEHATAN.





BATAKTE NTT : JEJAK HUKUM INDONESIA-com. Masyarakat terdampak Covid-19 Di Kecamatan Kupang Barat menerima Bantuan Sosial Tunai (BST), Senin (6/7/20)bertempat  di kantor Camat Kupang Barat.

“Hari ini resmi kami bagikan BST untuk masyarakat penerima dari 10 Desa dan dua Kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Kupang Barat. Yang kami bagikan adalah masyarakat yang namanya sudah terdata di Kementerian Sosial”, ujar Yusak A, Ulin S,Sos di Batakte.

Sementara jadwal yang diberikan dari PT Pos Giro Idonesia, hanya 1 hari, sehingga semua penerima BST dari 10 Desa dua Kelurahan di arahkan untuk terimanya di Kantor Camat.

Pembagian BST tahap tiga dilakukan langsung oleh petugas PT Pos Giro, dan dijaga ketat pihak kepolisian. Pembagian itu berlangsung sejak pukul 9. 00 Wita sampai selesai.

“Sebelumnya kami sudah beritahu kepada masyarakat sesuai jadwal PT Pos Giro, dan hari ini mereka sudah terima, dan kami akan layani sampai tuntas”, kata Ulin.

Ketika ditanya menyangkut akurasi data penerima BST yang menuai polemik di masyarakat, Dirinya pun membenarkan hal tersebut,  bawasannya data yang dikeluarkan Kementerian Sosial, masih ada PNS dan warga mampu yang namanya terdata sebagai penerima bantuan.

“Banyak nama penerima BST  yang sesungguhnya tidak harus ada, yang semestinya adalah masyarakat kurang mampu.

Karena data yang dikeluarkan Kementerian Sosial itu masih menggunakan data lama, sehingga ada yang dikatakan hidupnya mampu tapi menerima BST, bahkan yang sudah pensiun ikut menerima .

Sedangkan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), semua desa di Kecamatan Kupang Barat Sudah terlaksana, sesuai data yang di kirim ke kementrian sosial di jakarta.


“Akurasi data itu sangat penting, supaya tdak ada masalah dalam memberikan atau menerima bantuan supaya tidak terjadi pendobelan dalam arti, yang terima BST  tidak terima lagi di BLT”,  katanya.

Ia juga berharap agar setiap penerima BST dapat mempergunakan uang untuk hal hal yang menjadi prioritas kebutuhan, karena damapak dari Covid-19 ini tentu semuanya serba sulit.

Selain itu ia juga berpesan agar masyarakat Kupang Barat tetap mentaati himbauan pemerintah dan tetap mengikuti protokoler kesehatan pake masker, jaga jarak, cuci tangan .

Gubernur ntt mengatakan saat ini pemerintah provinsi siap menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak covid-19.

Turut hadir dalam pembagian Bantuan Sosial Tunai(BST) tahap tiga Camat kupang barat, Kapolsek batakte,babinsa.(HM)

Baca juga