HEADLINE

Era New Normal ,Kades Nitneo Bersama Staf Bersatu Membangun Desa




Hal ini ditanggapi Kepala Desa nitneo Yotam Minfini selasa(29/7 / 2020) di Nitneo  Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang kepada media ini.
Dirinya mengatakan,  karena Undang-Undang maupun Peraturan Pemerintah dan Edaran Menteri Desa sudah jelas, bagaimana tinggal melaksanakannya.
aturan kan sudah ada, tinggal kita laksanakan saja”, ujarnya.
Ia juga katakan, beruntung, sebab sejumlah kasus terkait Bantuan Langsung Tunai (BLT) maupun Bantuan Sosial Tunai (BST) tidak dialami oleh Desanya.
 Mayoritas masyarakat berprofesi rata rata sebagai petani serabutan dan ada yang buruh di pelabuhan untuk ternak kusus persiapan kalau ada acara sukuran atau adat.
Menurut data penerima bantuan pemerintah di desa nitneo  tersebut yakni, penerima bantuan BLT 147KK.
Khusus BST dan BLT Menurut Kades, nama-nama itu susuai keputusan musyawarah khusus di desa dan semunya terlayani dengan baik.
Selain bantuan BLT maupun BST, penanganan covid-19 melalui gugus tugas yang dibentuk pemerintah desa juga berjalan baik.
Yang menarik adalah, masyarakat desa tersebut aktif mengikuti informasi menyangkut perkembangan covid-19, sehingga mereka juga selalu mawas diri sesuai protokoler kesehatan.
“Masayarakat kami cukup mengikuti informasi soal perkembangan covid-19, sehingga soal menjaga diri untuk memutus mata rantai pandemi corona-virus ini sangat baik”, tuturnya.
Sementara menyangkut pelayanan administrasi di desa, menurut kades, pemerintah desa berjalan dengan baik , semua kegiatan aktifitas di desa Lewat musyawarah bersama dan semua hasil keputusan rapat di ambil bersama dalam pelayanan  di desa.
“Selama ini kami membantu dalam kepengurusan KK .EKTP  agar masyarakat hanya datang di balai desa, kami yang  urus semuanya ke dinas, karna jarak yang cukup jauh terutama biaya transportasi.
 ada beberapa kendala yang paling utama air bersih untuk kebutuhan sehari hari ,karena musim kemarau saat ini banyak sumur bor atau sumur tanah debit air berkurang dan ada yang kering. 
terkait infrastruktur masih kendala dengan adanya pandemi covid-19 jadi dana desa yang ada kita pergunakan di BLT-DD 2019 " rencana ke depan akan ada perubahan APBDes sesuai petunjuk dari dinas bahwa BLT  akan berlanjut 3 bulan sampai 6 bulan ke depan dan akan ada perubahan infrastruktur jalan +_ 1 kilo anggarannya di alihkan ke BLT-DD ."desa nitneo ada 5 dusun yang siap membantu kinerja kades dalam membangun desa lingkungan ,desa KB, dan desa bersih" tutup yotam.(HM)



Baca juga