HEADLINE

Rayakan HUT RI Ke-75, Tingkat Kecamatan Kupang Barat Gelar Upacara Dengan Protokol Kesehatan*


BATAKTE NTT:JEJAK HUKUM INDONESIA-com. Situasi pandemi global telah memaksa semua negara termasuk Indonesia khususnya  Kupang barat harus membatasi berbagai aktivitas, demi menyelamatkan lebih banyak jiwa dari penularan virus corona. Namun kondisi ini tidak menyurutkan semangat warga

Justru momentum peringatan kemerdekaan ditengah krisis ini mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk lebih dalam lagi memaknai peringatan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020 yang mengambil tema Indonesia Maju ini dengan penuh rasa syukur, karena ditengah bencana global ini kita masih dapat menikmati anugerah kemerdekaan.

Demikian disampaikan camat kupang barat Yusak A Ulin s.sos, dalam sambutannya pada upacara peringatan HUT RI ke-75 di lapangan upacara SMAN1 kupang barat, Senin (17/8).

Diakuinya peringatan hari proklamasi kemerdekaan Indonesia kali ini terasa berbeda dibandingkan dengan pelaksanaan di tahun-tahun sebelumnya. Tidak ada kemeriahan perayaan seperti perlombaan atau karnaval yang biasanya dilaksanakan di bulan kemerdekaan.

pada kesempatan itu camat selaku inspektur upacara pada HUT RI Ke 75  tingkat kecamatan kupang barat  dalam pidatonya mengatakan" seluruh elemen bangsa untuk menjadikan musibah pandemi ini sebagai momentum sebuah kebangkitan baru; untuk melakukan sebuah lompatan besar. Membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar, menjalankan strategi besar di bidang ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial, kebudayaan, termasuk kesehatan dan pendidikan.
Saatnya kita bajak momentum krisis ini untuk melakukan lompatan-lompatan besar. Pola pikir dan etos kerja kita juga harus berubah. Fleksibilitas, kecepatan, ketepatan sangat dibutuhkan. Efisiensi, kolaborasi, dan penggunaan teknologi harus diprioritaskan. Kedisiplinan nasional dan produktivitas nasional juga harus ditingkatkan. Kita diminta untuk tidak menyia-nyiakan pelajaran yang diberikan oleh krisis serta tidak membiarkan krisis membuahkan

Walaupun masih di landa covid-19 tetapi saya berharap kepada masyarakat kupang barat jangan kendur tetàp bekerja terus untuk kita bisa keluar dari krisis pandemi yang melanda dunia. dalam pengamatan walaupun keadaan covid tetapi dari awal upacara sampai selesai semua dapat berjalan dengan baik" jelas ulin.

Ulin mengakui masih banyak pekerjaan yang menanti ke depan. Karena itu bersama seluruh jajaran dia berkomitmen mewujudkan lebih banyak lagi capaian-capaian program yang benar-benar bermanfaat bagi masyarakat. Untuk itu diperlukan dukungan berbagai kalangan agar kesejahteraan masyarakat dapat diwujudkan demi kemajuan bersama."harapnya.

Kepala SMAN 1 Kupang Barat Hendrikus M Buan S.pd saat di wawancarai awak media ini Buan mengharapkan Perayaan 17 -Agustus tahun ini kiranya menambah semangat kita untuk tetap memiliki kometmen kerja yang tinggi dan etos semangat kemerdekaan tetap menjadi landasan untuk berkarya., dalam menghadapi globalisasi dengan berbagai tantangan dalam memiliki bangsa harus tetap bertahan di setiap insan".Jelas Buan.

Turut hadir dalam upacara tersebut, camat kupang barat, kapolsek Batakte, Danramil, para Lurah, kepala Desa , para kepala sekolah se kecamatan kupang barat, Guru pegawai dan kerohanian. dan mengikuti protokol kesehatan.

Jhon riwu selakuh ketua panitia persiapan ketika di temui media ini riwu, mengatakan "Upacara peringatan HUT RI kali ini agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena semua undangan dan peserta upacara termasuk dari TNI dan Polri pun dibatasi. Setiap tamu undangan dan peserta diwajibkan memakai masker dan sebelum memasuki lapangan upacara harus melalui skrining suhu tubuhnya oleh petugas.

Tidak ada juga ada aksi pasukan pengibar bendera (paskibra) seperti biasanya. Hanya ada tiga orang petugas pengibar bendera  paskibraka yang direkrut dari smk kelautan perikanan bolok untuk pagi dan untuk penurunan sore dari SMAN 1 kupang barat tahun 2020, Meski demikian upacara tetap meriah dan aktrasi Dramband siswa-siswi alumni SMAN 1 kupang barat tahun 2019 sangat meria dan berjalan penuh khidmat". tutup riwu.(HM)

Baca juga