HEADLINE

Kematian Bayi di RS Damian Lewoleba Kabupaten Lembata ,Ombudsman NTT Minta Segera Lakukan Audit

 

Flores;Jejakhukumindonesia.com,Hari  ini Senin 24-juni-2024  Ombudsman NTT menerima informasi dan keluhan dari warga Kabupaten Lembata perihal kematian seorang bayi pasca operasi ibu hamil. Bayi dari Desa Kolontobo, Kecamatan Ile Ape tersebut meninggal pasca operasi setelah dirujuk dari Puskesmas Waipukang. Tentu saja kematian bayi dalam proses persalinan tidak dikehendaki keluarga, rumah sakit dan kita semua. Tetapi kondisi demikian bisa saja terjadi dalam proses persalinan.


Selanjutnya Untuk itu kami telah berkoordinasi ke Dinas Kesehatan Lembata agar segera cek kebenaran informasi dan keluhan tersebut. Bilamana benar, agar dilakukan audit internal maupun Audit Maternal Perinatal (AMP) guna menyikapi kasus kematian yang telah terjadi. Audit Maternal Perinatal (AMP)  yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi. 


Audit maternal perinatal merupakan analisis sistematis mutu pelayanan klinis yang meliputi prosedur diagnosis dan perawatan, penggunaan sumber daya, hasil yang muncul serta kualitas hidup ibu dan anak. Audit kematian perinatal dapat dianggap sebagai suatu cara untuk meningkatkan proses-proses perawatan bagi semua wanita hamil dan bayi. Selain itu, audit kematian perinatal memberikan kesempatan untuk bisa mempelajari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan dalam proses perawatan melalui identifikasi, analisis dan pengambilan langkah-langkah untuk mencegah agar tidak terjadi lagi." Sebut ombudsman 


Lanjutnya lagi Audit perinatal dapat dilakukan dengan audit eksternal oleh auditor eksternal independen guna mengetahui masalah manajemen perawatan yang menyangkut perawatan menyimpang dari batas-batas aman praktek yang telah ditentukan dalam panduan, standard, protokol-protokol atau praktek normal, dan yang memiliki potensi untuk menyebabkan hasil merugikan bagi pasien, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sambil menunggu proses audit, pihak RS Damian bisa menjelaskan apa yang terjadi sebagai bentuk dukungan dan permohonan maaf kepada keluarga bayi."pindah ombudsman NTT (*/obn)

Baca juga