HEADLINE

Pembinaan dan Perpanjang Akreditasi Tim Kanwil Kemenkumham Kunjungi LBH Surya NTT

 


 

Kupang;Jejakhukumindonesia.com,Tim  Kementerian Hukum dan  Hak Asasi Manusia  (Kemenkumham) Republik Indinesia (RI)   dan Kantor Wilayah Hukum dan HAM  ( Kemenhumham) Nusa Tenggara Timur (NTT) , Kamis 25 Juli 2024  pukul 13.30 wita melakukan Kunjungan  Kerja (Kunker) ke  Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surya NTT jalan W. J Lalamentik  Kelurahan Oebufu Kecamatan  Oebobo Kota  Kupang, NTT. 


Kunjungan ini dalam rangka pembinaan , pengawasan  dan asistensi yang berdampak  pada  perpanjangan akreditasi  bagi LBH Surya NTT yang saat ini terakreditasi C. 


Tim Kanwil Kemenkumham   ini dipimpin Edi  S.H verifikasi dan perpanjangan sertifikasi PBH dan  Penyuluh Hukum Ahli Muda dari Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan HAM RI, bersama rekannya Idham Adriansyah (pranata komputer ahli muda) Badan Pembinaan Hukum Nasional Kemenkumham RI serta Khaedar dan Roland  Nalle dari Kanwil Kemenkumham NTT. 


Pantauan wartawan, tim  ini diterima oleh Pendiri dan Pengawas LBH Surya NTT, Herry F. F Battileo SH MH berserta  para advokat  dan paralegal. 


Pendiri dan Pengawas LBH Surya NTT, Herry Battileo SH MH dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa  LBH Surya NTT  sangat dikenal oleh masyarakat  terkhusus masyarakat kurang mampu yang mencari keadilan  karena setiap apapun kegiatan LBH Surya NTT pihaknya selalu publikasikan lewat media. 


"Untuk saat ini LBH Surya NTT pusat kota Kupang  memiliki 9 advokat senior dan 16 advokat baru. 16 advokat baru ini rata-rata berproses dari paralegal dan advokat magang  di  LBH Surya NTT, selain itu ada 5 kabupaten termasuk kota Kupang LBH Surya NTT terakreditasi " ungkap Herry  Battileo yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah ( DPW) Media Online Indonesia (MOI) NTT. 


Dikatakan Herry, masyarakat yang mengadu persoalannya  ke LBH  Surya NTT  sangat banyak,  sehingga paralegal dan Advokat magang di LBH  sudah  terbentuk, dilatih dalam menangani perkara. Dan  tidak heran, jika LBH Surya NTT memiliki advokat yang banyak. 


" Kami LBH Surya NTT  dikenal masyarakat karena selain promosi di media juga kami memasang baliho dan spanduk di jalan-jalan protokol di  Kupang. itu mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Dan  Itu dari kantong pribadi, " tutur pengacara terkemuka NTT. 


Dijelaskan Herry saat ini perkara yang paling banyak ditangani di LBH Surya NTT adalah persoalan penceraian, kasus kekerasan anak  (KDRT) dan persoalan perdata  tanah. 


Pada kesempatan itu, Herry mengucapkan terima kasih atas  kunjungan dan asistensi dari tim akreditasi Kemenhumham  dan berharap agar akreditasi LBH Surya NTT bisa naik menjadi B kerena memiliki kantor cabang atau perwakilan  di hampir seluruh wilayah NTT. Dan kami sudah lama melakukan pendampingan bagi masyarakat kurang mampu semenjak  2013 lalu. 


Ketua tim  Kemenhumham , Edi dalam kesempatan itu  mengucapkan terima kasih kepada LBH Surya NTT yang sudah menerima pihaknya. 


" Kegiatan ini dalam rangka pembinaan, pengawasan dan asistensi perpanjangan akreditasi OBH. Kami melihat LBH Surya NTT sudah cukup lama berdiri khususnya di Kupang dan di propinsi NTT, "ucap  Edi. 


Edi berharap LBH Surya NTT tetap semangat, lebih meningkatkan layanan  bantuan hukum bukan hanya di LBH Surya NTT Kantor pusat, tapi juga melakukan pembinaan terhadap cabang-cabangnya. 


" Mudah-mudahan semangat itu terus tumbuh dan digelorakan bagaimana masyarakat kurang mampu di kota Kupang dan NTT dapat memperoleh akses keadilan dalam memperoleh layanan pendampingan dari LBH Surya NTT yang berkualitas, " tutup Edi. (*tim)

Baca juga