HEADLINE

Pj. Gubernur Ayodhia Kalake Hadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Dharma Loka Kota Kupang NTT

 

Kupang;Jejakhukumindonesia.com,Menyambut detik-detik peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Timur Ayodhia G. L. Kalake, SH, MDC mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Loka, Jumat (16/08/2024) pukul 23.55 malam.


Bertindak selaku Inspektur Upacara pada Apel Kehormatan dan Renungan Suci kali ini, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VII Kupang Laksamana Pertama TNI I Putu Darjatna. Sedangkan Komandan Upacara yakni Mayor Laut Heru Setiawan.


Jajaran Forkopimda yang turut hadir meliputi Danrem 161 Wira Sakti Kupang Brigjen TNI Joao Xavier Barreto Nunes, Danlanud El Tari Marsma TNI Djoko Hadipurwanto, Wakapolda NTT Brigjen Pol Awi Setiyono, Perwakilan dari Kejaksaan Tinggi NTT, Sekretaris Daerah Provinsi NTT, Kosmas Lana serta Pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Pemprov NTT.


Apel Kehormatan dan Renungan Suci merupakan rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar rutin setiap tahunnya. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang dengan ikhlas dan gugur di medan tugas demi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Apel yang berlangsung khidmat tersebut, diawali dengan penghormatan kepada arwah para Pahlawan yang dipimpin oleh Komandan Upacara, dilanjutkan dengan penyalaan obor dan pembacaan naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci oleh Inspektur Upacara. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara, pembacaan Doa untuk para arwah Pahlawan, dan ditutup dengan penghormatan terakhir kepada arwah para Pahlawan yang diiringi oleh tiupan Sangkakala oleh petugas.


Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini diikuti pula oleh unsur Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemprov NTT, perwakilan prajurit TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara, perwakilan Polri, Satpol PP, serta perwakilan Satuan Resimen Mahasiswa dan juga perwakilan siswa/i Pramuka.(*/ar)



Baca juga