HEADLINE

Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake Dalam Acara Penyampaian Pidato Pembangunan NTT Jelang HUT RI ke-79 Tahun 2024

 

Kupang;Jejakhukumindonesia.com,Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia G. L. Kalake, SH, MDC menyampaikan Pidato penting terkait perkembangan pembangunan NTT yang mengangkat tema *"Nusantara Baru Indonesia Maju" dengan sub tema _"Nusa Tenggara Timur Maju dan Sejahtera Menyongsong Indonesia Emas 2045_, yang merupakan rangkaian peringatan HUT ke-79 kemerdekaan Republik Indonesia Tk. Provinsi NTT yang bertempat di Aula El Tari Kantor Gubernur NTT, Kamis (15/08/2024).


Pidato Pembangunan tersebut turut dihadiri oleh seluruh unsur Forkopimda NTT, Pimpinan Instansi vertikal, Pimpinan Perangkat Daerah lingkup Pemprov NTT, Para Akademisi, perwakilan Mahasiswa, Siswa/i SMA se-Kota Kupang, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, serta para Awak Media.


Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake memulai pidatonya dengan mengucapkan Selamat Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 kepada seluruh lapisan masyarakat Nusa Tenggara Timur.


Pj. Gubernur  Ayodhia menjelaskan sesuai tema *"Nusantara Baru Indonesia Maju"* hendaknya dimaknai sebagai semangat dan energi baru untuk mencapai Indonesia Emas dengan berlandaskan semangat persatuan dan kesetaraan. 


“Dengan semangat Persatuan Nusantara kita ingin melakukan loncatan besar menuju Indonesia Maju dan Beradab dengan berlandaskan nilai-nilai luhur Pancasila serta berpedoman pada Undang-undang Dasar 1945 dan Bhineka Tunggal Ika dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.” Ucap Ayodhia.


“Melalui Peringatan HUT Kemerdekaan ke-79, kita diajak untuk semakin memperkokoh semangat persatuan dan gotong royong dalam mewujudkan tiga agenda transisi yang sangat strategis untuk mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa yakni menyongsong Ibu Kota Baru, Pergantian Kepemimpinan dan Indonesia Emas 2045.” Jelas Ayodhia.


Pj. Gubernur NTT juga mengajak setiap elemen di NTT untuk tetap memelihara sikap optimis dan positif dalam membangun NTT. “Kita harus tetap fokus melawan musuh endemik yang sekian lama membelenggu kita, yaitu stunting, kemiskinan, dan keterbelakangan secara sungguh-sungguh dengan memanfaatkan segala kekayaan sumber daya yang kita miliki.” Kata Ayodhia.


Sejak dilantik sebagai Penjabat Gubernur NTT, Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake bersama jajaran terus berkomitmen dalam upaya dan kerja keras untuk menjaga ritme dan keberlanjutan pembangunan di daerah NTT.


“Waktu setahun tentunya bukan waktu yang lama untuk mengurai dan menyelesaikan berbagai permasalahan daerah ini. Namun melalui koordinasi, kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan terkait, kami terus menyelesaikan berbagai agenda-agenda pembangunan sesuai dengan tugas dan kewenangan Penjabat Gubernur sebagaimana diamanatkan oleh regulasi yang ada.” Ujar Ayodhia.


Selanjutnya, Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake dalam Pidato tersebut menyampaikan berbagai capaian pembangunan secara makro dalam berbagai bidang di Provinsi NTT yang berlangsung di tengah kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman lingkungan baik lokal, nasional serta global yang terus berubah dinamis.

Pada kesempatan tersebut , Pj. Gubernur Ayodhia atas nama jajaran Pemprov NTT juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Presiden RI atas berbagai perhatian kepada Provinsi dan masyarakat NTT serta seluruh pihak terkait atas sumbangsihnya dalam pembangunan di bumi Flobamorata.


“Dengan rendah hati perkenankan saya bersama Sekretaris Daerah Provinsi NTT dan Seluruh Jajaran Pemprov NTT dengan tulus menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada: 

✓Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. Joko Widodo yang telah mempercayakan saya untuk mengemban amanah sebagai Penjabat Gubernur NTT serta seluruh Jajaran Kabinet Indonesia Maju yang terus memberi perhatian khusus bagi masyarakat dan pembangunan NTT. 

✓ Anggota DPR/DPD asal NTT Periode 2019-2024 yang telah memberi perhatian bagi pembangunan daerah ini.

✓ Pimpinan, Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-NTT Periode 2019-2024 atas dukungan dan kemitraan dalam penyelenggaraan pemerintahan serta pembangunan di daerah.

✓Para Bupati dan Walikota se-NTT atas dukungan, kerja sama dan komitmen dalam memajukan daerah ini.

✓ Unsur Forkopimda Provinsi dan Kabupaten/Kota se-NTT yang telah dan terus bersinergi bersama Pemerintah Provinsi dalam membangun daerah ini.

✓ Seluruh Masyarakat NTT warga Flobamorata yang kami cintai, para tokoh agama, tokoh adat, tokoh perempuan dan pemuda, para sesepuh NTT, perguruan tinggi, badan dan lembaga internasional atas berbagai sumbangan bermakna yang telah dan terus diberikan kepada Pemerintah dalam membangun dan memajukan daerah ini.

✓ Rekan-rekan wartawan baik media cetak, maupun media elektronik yang telah dan senantiasa mengontrol pemerintah, mengedukasi masyarakat dan memperluas informasi pembangunan.” Ucap Ayodhia.


Tidak lupa, Pj. Gubernur Ayodhia Kalake juga mengajak seluruh masyarakat NTT untuk dapat mendukung dan menyukseskan seluruh proses tahapan Pemilukada  dalam suasana kegembiraan dan persaudaraan. 


“Pilihan politik boleh beda, tapi kita tetap satu dan bersaudara dalam satu ikatan Flobamorata. Kita percaya para penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota, Panitia Ad Hock, Badan Pengawas Pemilu Provinsi dan Kabupaten/Kota, Pengawas Pemilu Lapangan dengan didukung aparat Polri dan TNI akan dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan amanat Undang-Undang untuk menyukseskan pesta demokrasi tersebut pada 27 November mendatang.” Jelas Pj. Gubernur NTT.


“Sekali lagi, Mari kita terus satukan langkah dan tekad untuk NTT Maju dan Sejahtera menuju masyarakat adil dan sejahtera.” Pungkas Ayodhia Kalake.(*/ar)



Baca juga