HEADLINE

Simon Petrus Kamlasi: Doakan, Kapolda NTT Orang Sumba

 

TAMBOLAKA—Ada yang menarik ketika pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur NTT Periode 2024-2029, Simon Petrus Kamlasi dan Adrianus Garu melakukan kunjungan ke Sumba Barat Daya (SBD), Jumat (13/9/2024). 


Ketika didaulat naik ke panggung, dalam sebuah tatap muka di Desa Kalembu Kaga, Kecamatan Kota Tambolaka, Simon Petrus Kamlasi tak hanya menyapa hangat seluruh yang hadir, serta menyatakan salut dan bangga atas militansi relawan dan juga simpatisan yang sudah menanti mereka sejak lama. Tak banyak berbasa-basi, mantan Kasrem 161/Wira Sakti Kupang dan mantan Staf Ahli KASAD ini selain sedikit berkisah mengenai riwayatnya serta penghargaannya kepada Tanah Humba, juga melontarkan sebuah visi besarnya kedepan.

“Kami waktu itu dari ribuan orang yang tes di SMA Taruna Nusantara, lulus hanya tujuh orang. Dari Sumba ini ada satu orang yang sekarang sudah berpangkat Brigjen Polisi. Orang Sumba Timur. Simson Zet Ringu. Kalau saya jadi gubernur, saya akan panggil pulang beliau menjadi Kapolda NTT. Mudah-mudahan, doakan. Kalau gubernur yang minta pasti Kapolri mau,”tegas Kamlasi disambut sorak ribuan relawan.


Sumba memang istimewa bagi seorang Simon Petrus Kamlasi. Ketika melakukan perkunjungannya ke SBD beberapa bulan lalu, dia mendapat promosi kenaikan pangkat dari Kolonel menjadi Jenderal Bintang Satu (Brigjen) TNI. Dan di Sumba, dia menorehkan banyak karya di bidang pertanian maupun pelayanan air bersih serta pelayanan kerohanian dengan cara membantu pembangunan puluhan rumah ibadah dengan konsep bangunan portable.


Ternyata pernyataan Kamlasi ada juga benarnya. Perwira tinggi Polri yang dia sebut, adalah seorang tamatan SMA Taruna Nusantara tahun 1993 yang  lahir di Kota Waingapu, 3 Maret 1974 (kini 50 tahun). Simson adalah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1996 dan sejauh ini memiliki spesifikasi pengabdian di bidang Reserse dan kriminal (Reskrim). Dalam masa pengabdiannya, jabatan terakhir sebagai Direktur Intelijen Densus 88 Anti Teror Polri dan sejak 28 Februari 2024 kemarin dipercaya oleh Kapolri sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Gorontalo. 


Markus Dairo Talu dan juga pasangan calon Bupati SBD, Ratu Ngadu Bonnu Wula-Dominikus A. Rangga Kaka, mengapit Simon Petrus Kamlasi dan Adrianus Garu.(Tim)


Baca juga